Diberdayakan oleh Blogger.

.

TIPS MERAWAT MURAI BATU MUDA HUTAN

Artikel yang sangat bermanfaat ini saya copy dari :
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?45094-tips-merawat-murai-batu-muda-hutan-%28mb-mh%29
dimana Om Rifqie sebagai salah satu Moderator di Forum MB di www.kicaumania.org
beliau ini salah satu penghobi yang memiliki koleksi MB Borneo Prestasi di wilayah Barabai Kalimantan Selatan.

MURAI Batu Muda Hutan (MB MH) sering menjadi pilihan MB mania utk dijadikan sebagai bahan. Tetapi tdk sedikit yg akhirnya gagal merawatnya karena kondisi MB yg drop dan akhirnya mati. Sebenarnya ada apa dg MB MH & sulitkah merawatnya. Di sini saya ingin berbagai sedikit pengalaman merawat MB MH, tdk paling benar tapi setidak sebagai bahan perbandingan utk rekan2 yg ingin merawat murai batu muda hutaN. MB MH yg saya asumsikan di sini adalah MB Muda/Remaja yg baru tangkapan dari hutan, belum ngevoer & masih sangat giras.

Atasi Stress di Awal Perawatan
Yang hampir pasti kita temui jika mengangkat murai batu muda hutan (MB MH) sebagai bahan adalah kondisi burung dg level stress yg cukup tinggi. Walaupun pd dasarnya MB adalah termasuk salah satu burung yg mudah beradaptasi dgn lingkungannya tetapi level stress yg tinggi dpt berdampak buruk pd burung. Stress bisa menjadi status tetap atau merupakan tantangan proses adaptasi MB MH.

Secara fisiologis perubahan-perubahan akibat stress pd burung terjadi pd kelenjar adrenal ( hypertropi, kadar kolesterol menurun, sintesis kortikosteroid meningkat, kandungan asam askorbat menurun); darah (kolesterolemia, NPN meningkat, Ca++ meningkat, rasio Na++ dan K+ berubah, kortikosteroid meningkat, glukosa meningkat, heteropilia, limfopenia) & jaringan limfoid (involusi bursa fabricius, involusi thymus, level antibodi menurun) (Siegel, 1971; Freeman, 1967; Ringer, 1976). Akibat tidak langsungnya pd stress berat akan menyebabkan perilaku yg tdk normal, menurunnya nafsu makan, rentan penyakit & kematian.

Stress pd MB MH dipengaruhi oleh banyak faktor (stressor), diantaranya kelelahan, kegaduhan/suara2 yg mengejutkan, sirkulasi udara yg tdk baik, pergantian pakan, kondisi air minum, perlakuan kasar, adanya orang tdk dikenal, suhu yg tinggi.

Kelelahan
Kelelahan setelah perjalanan jauh atw sebab2 yg lain dpt memicu stes pd MB MH.

Kegaduhan/Suara2 yg MengejutkanSuara petasan, kembang api, musik yang keras, dll akan menyebabkan stress pd MB MH.





Sirkulasi Udara yg tdk Baik
Sirkulasi udara yg tdk baik di tempat kita menggantangkan MB MH dpt berakibat udara dlm sangkar bau amoniak & ini bisa berbahaya bagi MB MH.

Pergantian Pakan
Secara umum burung akan mengalami stress beberapa waktu ketika pergantian pakan yang dilakukan secara drastis. Selain itu kuantitas dan kualitas pakan juga sangat menentukan terjadinya stress pd MB MH.



Kondisi Air Minum
Kondisi air minum yg kotor atau terkontaminasi bahan lain yg berbahaya dpt memicu terjadinya stress pd MB MH.

Perlakuan kasarPerlakuan yg kasar bisa menyebabkan MB MH anda stress. Perlakuan kasar dimaksud seperti menangkap MB MH, memukul/menendang sangkar, berjalan dgn terburu-buru saat membawa sangkar, sangkar yg jatuh, sengaja tidak memberi pakan & minum, dipaksa mandi dg sprayer, dll.


Adanya Orang tdk Dikenal
MB MH biasanya akan ketakutan saat melihat orang yg tdk dikenal mendekatinya.

Suhu yg TinggiSuhu lingkungan yg terlalu tinggi dpt menimbulkan stress panas pd MB MH (heat stress). Pd saat mengalami stress panas tingkat pernafasan meningkat, burung mengalami hyperthermia yg akan menyebabkan kasus panting (terengah-engah). Stress panas dpt menyebabkan perubahan konsumsi pakan & minum. Pd kondisi suhu lingkungan yg tinggi burung cenderung mengkonsumsi air yg banyak tapi sedikit makan.


Bila ingin berhasil dlm merawat MB MH maka tak ada salahnya kita mengenali jenis stressor pd MB MH kita & mengambil langkah yg tepat pd awal perawatan utk mengatasinya.

Langkah Perawatan
Langkah perawatan MB MH sebenarnya sangat sederhana, kita hanya cukup menghindari tindakan2 yg akan menambah tingkat stressnya.
  • Gantangkan MB di tempat yg tenang, tdk sering dilewati orang, jauh dari suara2 bising atau yg bisa mengejutkannya, mempunyai sirkulasi udara yg baik & tidak terlalu panas (di atas 26derajat C) sperti di bawah atap seng.
  • Pd awal tiba di rumah bisa gunakan krodong dulu selama lebih kurang 1minggu. Berikan multivitamin pd air minum & bila dirasa perlu berikan juga antibiotic utk langkah antisipasi, karena kita tdk tau kondisi kesehatan MB yg sebenarnya pd saat kita beli. Ganti air minum & bersihkan tempatnya dari endapan vitamin setiap hari.
  • Jangan terburu2 utk mengenalkan MB MH dg lingkungan yg ramai. Hasilnya bukan MB menjadi jinak tetapi kemampuan adaptasinya menjadi lambat & yg lebih parah tingkat stressnya bisa menjadi semakin tinggi.
  • Tdk perlu tergesa2 mengajari MB MH ngevoer Berikan saja pakan kesukaan dia, sperti jangkrik, kroto, belalang, UH, UB atau yg lainnya. Berikanlah makanan dg kuantitas yg cukup & kualitas yg baik (jangkrik yg sehat, kroto segar/tdk basi, dll).
  • Jika ingin menjemur MB, jemurlah sebentar pd pagi hari.
  • Kalau ada indikasi MB kutuan, tdk perlu tergesa2 utk mengobati dg obat kutu, terlebih yg disemprotkan dg air.
  • Intinya tunggulah dg sabar sampai gejala stress hilang. Indikasinya, MB MH terlihat tenang, sehat, aktif, sorot matanya bersih & syukur2 mulai ngriwik atau ngeplong.

Mengajari MB MH makan voer (Ngevoer)
Pilih voer yg sesuai utk MB & usahakan yg mudah memperolehnya di tempat kita.

Haluskan voer & taruh didasar cawan lalu masukan kroto pd bagian atas. Pd tahap awal tdk perlu diaduk.
Setelah kira2 7 hari coba aduk kroto dg voer halus dg komposisi lebih banyak kroto daripada voernya.
Coba tingkatkan porsi voer secara bertahap setiap hari.
Setelah yakin MB mau makan voer ditandai dg warna kotorannya, baru tempatkan voer & kroto pd cawan terpisah.

Pemilihan Sangkar
Saya biasa menggunakan sangkar yg tdk terlalu besar pd perawatan awal MB MH. Tujuannya utk memudahkan mengajari MB keluar masuk sangkar ke keramba mandi.


Mandi
Pada tahap awal masukan cepuk mandi ke dlm sangkar pd pagi hari. Letakan pd posisi cepuk tdk terkena kotoran, Semprot halus MB dg sprayer, tdk perlu basah & tinggalkan saja. Lakukan setiap hari sampai dia mau mandi sendiri dlm cepuk. Sebenarnya untuk mandi kita tdk perlu mengajari, karena MB kalau sudah didis secara naluriah akan mandi sendiri.

Kalau sdh terbiasa mandi dlm cepuk, coba ajarkan masuk ke dlm keramba mandi. Saya biasa meninggalkan cukup 1 tangkringan saja & memindahkannya ke depan pintu sangkar. Biasanya dg sedikit menggusah MB akan melompat masuk keramba mandi.

Kapan MB MH mulai boleh dimandikan? Saya biasa memulainya setelah gejala stress sudah tdk terlihat lagi & yakin MB MH sudah sehat. Ada anggapan bahwa baru boleh dimandikan setelah MB ngevoer, menurut saya tdk sepenuhnya benar. Sebab saya pernah ngerawat MB MH sampai bertahun2 belum mau ngevoer.

Penjinakan
Taruh sangkar di lantai setiap kita memberi pakan/EF. Jika MB mulai tenang mulailah kenalkan dg keramaian secara bertahap. Gantang dari jauh dulu sambil setiap beberapa hari didekatkan. Utk jinak total sebenarnya kecil sekali kemungkinannya, tetapi setidaknya MB MH dpt beradaptasi & mentoleransi keramaian.

Jemur
Saya biasa mengeluarkan MB pagi2 sekali sebelum matahari bersinar & menggantangnya di tempat di mana apabila sinar matahari pertama memancar langsung mengenai MB. Pd tahap awal cukup jemur sebentar saja (sekitar 30 menit). Setiap beberapa hari terus ditingkatkan lama penjemurannya. Perlu diingat jgn menjemur MB sampai mangap & tampak terengah2, itu pertanda MB terkena Heat Stress.


Umur berapa MB MH mulai ngeplong
Tdk ada batasan pasti. Semuanya tergantung bakat MB dan pola perawatan yg tepat thd MB kita. Asal MB sehat secara fisik dan mental “Pasti Bunyi”.


SALAM
(Andri Asmari)
Share this article on :

46 komentar:

dandi aryatama mengatakan...

bg klok pake ulet bisa bg. baru ngambil dari hutan juga ni bg

Software BB mengatakan...

Artikelnya sangat bagus ...Kembangkan mas..

Bagi teman2 yang mau download secara Gratis Aplikasi BlackBerry berkunjung ke link ini aja ..

http://softwarebb.blogspot.com/

security services mengatakan...

mantap

Armstrong Indonesia mengatakan...

keren

motivator indonesia mengatakan...

semoga bermanfaat

pemeliharaan mesin mengatakan...

tips yg bgs

Jacky junior valentino mengatakan...

Wah jadi banyak tahu cara merawat murai dengan baik..,trims Gan

Mhk mengatakan...

Dimana bisa mendapatkan murai batu medan mura hutan?

Andri Asmari mengatakan...

semoga jadi bahan panduan buat kita semua dalam memelihara MB

Andra Hardian mengatakan...

Aamiin hatur nuhun atas ilmunya om andri. saya mau tanya bagaimana membedakan MB MH sama MB muda hasil tangkaran, dan dari segi kualitas bagusan yg mana? terimakasih.. salam MB Mania

Andri Asmari mengatakan...

kalau bicara kualitas kembali lagi ke Bakat dan rawatan kita...
kelebihan Mb tangkaran (mudah adaptasi penuh dan gampang menyetel isian suara)......tergantung keinginan kalau untuk membuat MB agar banyak isian saya memilih MB ternak.....sebab bisa diisi sedari kecil... kalau MB hutan sudah terbiasa dengan suara alam dan suara standar murai.....

Hadi Hutama mengatakan...

Mantap, ijin sedot ilmunya Mas . . . .

Andri Asmari mengatakan...

Silahkan om hadi jika di rasa bermanfaat.....awas keselek ya nyedotnya pelan pelan aja...

kenankzidane mengatakan...

da yang ternak mb..dimana lokasinya..harga brapaan??bisa pesen g??

Andri Asmari mengatakan...

masuk daftar indent dulu mas...liat aja di sub CARA PEMESANAN

bowosastro mengatakan...

Bagaimana biar mb cepat ngeplong???

Lulu Roxx mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Lulu Roxx mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Andri Asmari mengatakan...

coba pancing dengan suara air atau suara nyanyian rock....biasanya kalau jantan akan ngeriwik....

Anonim mengatakan...

ente tinggal di mana gan, kmaren ane beli MB MH 500RB

Anonim mengatakan...

ente tinggal di mana gan, kmaren ane beli MB MH 500RB

didie margo mengatakan...

MB yang saya beli beberapa Minggu yg lalu ... setiap sore antara jam 3 dan 5 , ngeriwik lebih dari 30 menit ..apakah MB yang saya beli termasuk bagus ...mohon penjelasan , trimakasih

didie m
cipete , Jkt selatan

didie margo mengatakan...

tambahan lagi pertanyaan saya ...kenapa memberi jangkrik , tidak boleh langsung , harus ditaruh di cepluk tempat makan ?... tks

Andri Asmari mengatakan...

untuk MB muda hutan di hitungan minggu sudah berani ngeriwik, termasuk MB yang cepat beradaptasi denganlingkungan.... semoga MBnya menjadi MB yang bagus

Lulu Roxx mengatakan...

salam murai independent ..3 bulan lalu saya beli MB anakan di pasar kebayoran . temen2 saya yg sirik slalu bilang itu MB borneo .. tanpa di sangka 2 bulan berlalu dan MB anakan saya sudah ngeriwik dan 1 minggu ngeplong ,, alhamdulilah tidak mengembung dada nya dan panjang ekor hampir 17 cm ,, inti nya dari kisah saya di atas langit ada langit ,, yg penting tunjukan kasih syng kita pada peliharaan

Lulu Roxx mengatakan...

om andri makasih banyak atas saran nya . sangat puas karna MB saya akhirnya bisa membalikan omongan kawan2 saya yg selalu menertawakan saya ,, hihihi .. skali lagi terima kasih bnyak mas

Erman Slate mengatakan...

Gan ente beli muda hutannya d daerah mana ane niat nih

Erman Slate mengatakan...

Gan kasih tw dong beli mb hutannya d mana ane d jak sel

Arief Sanyoto mengatakan...

Om andri..tolong beri pencerahan buat saya mengenai mb bakalan
Saya punya 2
1.Mb medan...
Mungkin kesalahan saya dalam memelihara awal kemudian mati..
2.Mb apa saya kurang faham antara lampung dan borneo..
Ciri fisik sama seperti lampung
Sudah berani ngejar musuh ssama mb tapi suara masih pelan sekali..tetapi setiap bunyi dia selalu menggelembungkan semua bulu..termasuk ekornya membuka dan mengarah keatas
Trimakasih om..salam kicau

Rifqie KM mengatakan...

Halo Om Andri

Sukses terus breedingnya ya om

Sudah coba produksi bordan ga om

btw, blog-nya makin cakep om

Salam



anom dwi saputro mengatakan...

om sy mau tanya ni.kalau mb lampung waktu masih trotol ekornya panjang apa pendek?.lampung biasa

Andri Asmari mengatakan...

kalau MB bahan gak terlalu berpengaruh.. pemberian jangkrik tidak langsung tsb dimaksudkan agar MB tidak terlalu jinak/manja

Andri Asmari mengatakan...

tergantung induknya om.. lampung tidak semua berekor pendek....namun secara umum ekornya tidak sepanjang MB MB aceh/NAD

Andri Asmari mengatakan...

Terima Kasih om Rifqie KM.....Bordan baru akan coba om ... jangan sungkan untuk menuangkan ilmunya di sini ya om..he..he.h.eh.e


SALAM KM

Andri Asmari mengatakan...

MBnya bagus om..he..he.. apa nih yang musti di cerahkan????

wawan hidayaturrahaman mengatakan...

om mau tanya untuk MB MH kira2 kapan ya untuk siap dipindah ke kurung yang bulat atao besar,, murai udh saya rawat kurang lebih hampir satu minggu lebih,,

Andri Asmari mengatakan...

di pindah kurung besar juga tidak masalah om... asal di kerodong dulu atau di asingkan biar makan voor dulu

Jaka Rudi mengatakan...

Om
Apa boleh memberikan jangkring 10/10 p/s pd murai batu muda hutan
Thx

aan anityo mengatakan...

MB MH saya sudah rawat -+3mgg mulai jinak tdk segiras wkt dtg, kalo bunyi ngeplong pasti malam jm 12 keatas, pada siang hr blm mau bunyi kenapa nih? apa masih butuh adaptasi lg/ nunggu sampai burung mabung?

Anonim mengatakan...

Di pasar pramuka banyak gan MB MH

rizki cahyadi mengatakan...

Om mau tanya dunx kalau murai hutan yg baru kita beli dalam usaha pengevoeran di taruh dekat burung kenari yang cukup gacor bagaimana kemungkinan stress atau tidak?mohon pencerahan secepatnya

eko Setiawan mengatakan...

Om andri maaf mau tanya.mb saya sudah ngevor tp qo kalo d kasih kroto malah gak mau makan vor terus juga belum mulai ngriwik juga.
Dan pada saat cuaca seperti ini bagai mana cara merawat mb mh supaya tidak sakit?
Terimakasih...

revan mengatakan...

Om. Saya mau nanya, saya punya mb kira" umur 1 thn an,tadinya brung udah rajin nggeriwik,klo ngeplong paling sekali tu jg mlm doank. Dah gtu saya trek m mb yg dah jadi,akhirnya mlah nggedrop n g mau bunyi... Gmn cranya agar mb saya mau rajin bunyi kembali oom.? Dan mau ngeplong.mks

Anonim mengatakan...

Kalau bisa jgn beli muda hutan liar, 99 persen akan mati

Fauzi Rahmad mengatakan...

SALAM SAHABAT KICAU MANIA
KAMI DARI [SANGKAR KICAU] PENANGKARAN BURUNG KICAU MENAWARKAN
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
• Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
• Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
• Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
• Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
• Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
• Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
• Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
• Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
• Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
SEPASANG/SIAP PRODUKSI.

#Burung kicau yang kami perjual belikan 100% dalam kondisi sehat tanpa cacat fisik.
#Burung kicau yang kami perjual belikan hanya umur 6 bulan ke atas.kami tidak memperjual belikan yang anakan.
#Burung kicau yang layak jual tidak di perjual belikan perekor.setiap pembelian/pemesanan adalah sepasang/jantan&betina.
#Setiap pemesanan/pembelian akan di sertai surat izin peternakan dan bukti pembelian.
#setiap pemesanan/pembelian akan kami berikan gratis vitamin plex drops untuk menjaga kesehatan burung (pemakaian 1 bulan untuk 2 ekor burung) dan buku panduan cara perawatan burung kicau.
#Kami juga melayani pemesanan/pengiriman ke seluruh wilayah indonesia.
#pengiriman bisa di kirim melalui jalur penerbangan kargo bandara/herona express-pengiriman kereta api untuk daerah jawa,gratis ongkos pengiriman.100% kiriman aman/terjaga.
#konsumen yang ingin datang lansung,silahkan survei ke lokasi penengkaran sangkar kicau.melayani setiap hari senin - jumat,buka pukul 8 pagi - 4 sore.

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN:
0852-2856-7888
ALAMAT penangkar:JL.PASAR NO 24 BELAWAN DESA BELAWAN 2 KEC.MEDAN BELAWAN KOTA MEDAN SUMATRA UTARA
kami juga melayani pengiriman luar kota/provinsi memakai jasa pengiriman Angkasa pura/Herona

Bowo Agus S mengatakan...

trimz om Fauzi rahmad atas info dan alamatya..
insya allah nanti pas dimedan saya tak mampir.

Poskan Komentar

Silahkan Sharing Pendapat Anda