Penyebab ekor mb panjang menjadi pendek

LOH bukannya seharusnya ekor MB akan bertambah panjang setiap kali mabung (maksimal mabung ke empat)...
Ternyata tidak... ini pernah saya alami ekor MB sebelumnya panjang setelah selesai mabung malah bertambah pendek, faktor apa saja yang bisa menyebabkan ini terjadi:



1. Yang jelas salah perawatan pakan
sudah banyak di jelaskan bahwa pakan merupakan faktor utama sebagai asupan nutrisi buat pertumbuhan bulu terutama ekor.. jika pakan yang kita berikan lebih buruk gizinya di bandingkan dengan sebelum waktunya mabung maka besar kemungkinan ekor akan bertambah pendek atau tumbuh tipis.

2. Dicabut paksa atau tercabut
Tercabut masih ada toleransi ekor akan tetap sama rata namun jika di cabut secara paksa, kebanyakan ekor akan tumbuh dengan ukuran yang tidak sama panjangnya.

3. Udara yang kelewat panas/ sering di jemur di siang hari
Panasnya suhu ternyata turut mempengaruhi, zat lilin yang ada pada pangkal ekor burung akan mengering dan keras jika terlampau panas suhu di sekitar kurung/ langsung berhadapan dengan sinar matahari siang.

4. Burung Stress akibat sering di ganggu
Kebanyakan ini terjadi dengan MB bahan yang baru pertama kali mabung di tangan sang perawat. Dikarenakan rasa penasaran kita biasanya terlampau sering mengganggu ketenangan dan kenyamanan burung untuk istirahat saat mabung dengan kebiasaan seringnya membuka buka krodong sekedar ingin tahu sudah sampai daimana panjang ekornya.

5. Ekor belum selesai sudah di tarungkan
Ini juga pernah saya alami, karena karakter MBnya terlalu fight sehingga terlalu sering ngeply ekor, jika ada suara MB lain di sekitarnya. Akibatnya pertumbuhan bulu muda menjadi terhambat dan tidak menutup kemungkinan ekor menjadi bertambah pendek.

Untuk menjaga agar setiap mabung ekor bisa semakin bertambah panjang sebisa mungkin hal hal diatas di hindari.***

SALAM
(Andri Asmari)

13 comments:

  1. thanks banget buad infonya mas
    saya mao tanya neh
    ada tips untung Burung tipe BEO dari Nias nga mas??
    saya punya yang Betina mas

    ReplyDelete
  2. bapak yang baik hati saya mohon pencerahannya, saya punya mb medan gacor mental ok cuman skrg lg dorong ekor dikit lagi paling beberapa cm lg, saya iseng tangkap tuh mb saya cuman pengen ngukur ekornya, eh pas disimpen ke sangkar lagi kok jadi stress burungnya jd giras dan gak mau bunyi. saya coba baca di blog pak andri katanya klo blum beres mabung jgn di pegang, gimana solusinya pak supaya mb saya normal kembali, saya juga jadi ikut stress ini. mohon pencerahannya pak, terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara biarkan dan di buat nyaman saja dulu + EF dan sebisa mungkin di baiki lagi melalui pendekatan psikis (sering di beri EF salah satu caranya).... nanti juga gacor lagi...apalagi sudah kita tau MB tsb Mb gacor dan bermentak OK...saya rasa nyantai aja gak masalah.....lain kali JANGAN SUKA ISENG YA..he..h.e. untung gak kecabut ekornya...

      Delete
  3. Siang Om Andri
    Mau nanya nih kenapa ya ekor MB saya yang besar cuma tumbuh 3 yang tanggung 2 dan yang paling panjang cuma 1 sedangkan untuk memeriksa saya belum berani karena saya takut itu MB stres kira-kira bagaimana ya Om agar tumbuh ekor tersebut sempurna? Mohon Bantuannya
    NB:posisi sekarang lagi dorong ekor skitar 14cm

    Salam
    Udin Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum mabung ekornya gimana om??? kalau sebelum mabung ekornya komplit. sepertinya ekor tsb belum tumbuh atau memang telat tumbuh... coba saat di mandikan di semprot saja bagian ekornya biasanya bisa terlihat....

      Delete
  4. permisi om andri...
    saya mau tanya, sekitar 1bln lalu saya beli MB dr sodara saya, silangan lampung x medan (keduanya ekor panjang). tapi knp sampai ekor MB hanya panjang sedikit saja 13cm. padahal sudah saya terapkan perawatan yg pas... dan MB tsb baru lepas trotol, adakah perawatan yg pas, agar MB saya dorong ekornya maksimal om, trus apakah saya harus menunggu proses mabung berikutNya?
    maaf om, kebanyakan nanya maklum newbie.

    regards
    usman

    ReplyDelete
  5. permisi ni om, mohon pencerahan nya,mb saya udh 3 bln dorong ekor terhitung dari awal mabung,udh cukup pnjng saya rasa,tapi kenapa ya skrg kok panjang nya gak rata,pd hal dr awal sama rata nya,kira2 kl di tunggu sampe 4 bln panjang nya bisa sama rata ga ya,trms

    ReplyDelete
  6. permisi ni om, mohon pencerahan nya,mb saya udh 3 bln dorong ekor terhitung dari awal mabung,udh cukup pnjng saya rasa,tapi kenapa ya skrg kok panjang nya gak rata,pd hal dr awal sama rata nya,kira2 kl di tunggu sampe 4 bln panjang nya bisa sama rata ga ya,trms

    ReplyDelete
  7. waduh banyak faktornya ternyata ya

    ReplyDelete
  8. Di jual mb blacktail juara 4

    ReplyDelete
  9. Permisi hu' minta pencrahan nya' saya ada mb trotol usia kurleb 2bulan' pas mau di tangkep bulu ekor ada yg tercabut'dan masalah 1 lagi pagi saya embun kan dan saya lupa angkat sampai jam 11 siang' mb ny kepanasan'karna trjemur' pertanyaan nya apakah bisa tumbuh lagi atau endhak??? Thank's

    ReplyDelete
  10. Permisi hu' minta pencrahan nya' saya ada mb trotol usia kurleb 2bulan' pas mau di tangkep bulu ekor ada yg tercabut'dan masalah 1 lagi pagi saya embun kan dan saya lupa angkat sampai jam 11 siang' mb ny kepanasan'karna trjemur' pertanyaan nya apakah bisa tumbuh lagi atau endhak??? Thank's

    ReplyDelete

Silahkan Sharing Pendapat Anda

Kolom Chatting Umum

Sports