Murai batu medan

MURAI Batu Medan, mendengar namanya saja sudah tertanam dalam benak kita seekor murai batu yang mewah, berekor panjang melengkung, gagah, suara yang bervariasi dan bermental baja, apakah benar demikian?...........tentu jawabannya bervariatif.
Secara gampang murai batu dilihat dari ekornya yang panjang sudah dikategorikan murai batu medan, padahal Malaysia, Thailand banyak sekali mengoleksi murai berekor panjang, bahkan di tempat kita sendiri, Aceh, Lahat, Padang banyak ditemukan murai batu berekor panjang, namun begitu kita konsumsi namanya berubah menjadi murai batu medan atau bahkan murai batu medan super...LUAR BIASA...!!!


Di daerah tertentu atau di kalangan masyarakat tertentu lebih mengutamakan panjangnya ekor dari burung murai batu, namun seiring berjalannya waktu dan semakin maraknya lomba lomba di daerah baik tingkat latber, latpres, regional, nasional dan berbagai event event lomba berkicau lainnya yang semakin menjamur di kalangan penghobi, panjang ekor bukan menjadi prioritas utama lagi, banyak bermunculan juara juara baru di setiap event yang diraih oleh Murai Batu berekor pendek/sedang.
Untuk kepentingan lomba, ekor bukan lagi menjadi prioritas utama, namun yang lebih di unggulkan adalah dari segi MATERI SUARA/ ISIAN, VOLUME, GAYA dan DURASI GACOR dari murai batu itu sendiri, namun memang lebih indah dan lebih bagus lagi jika seekor murai batu memiliki materi isian yang bagus, volume keras dan bersih serta gaya yang sedap dipandang dan memiliki ekor yang panjang tetapi hal ini tentu saja 1:30 bisa kita jumpai

Kembaali lagi kepada istilah Murai Batu Medan, dijamannya betul murai batu medan mendominasi namun semakin berubah dan bergesernya habitat burung murai batu menjadi habitat manusia yang semakin banyak tentu saja menggeser keberadaan murai batu medan itu sendiri.

Oleh sebab itulah mengkategorikan murai batu berdasarkan daerah asal sangatlah sulit kita prediksi, apalagi jika burung tersebut kita dapatkan dari pasar burung.
Sebaiknya dalam pemilihan murai batu, jangan terlalu teriming iming dengan istilah sebutan yang kita sendiri tidak tau pasti kejelasannya, langkah terbaik ada pada diri kita sendiri, jika seekor murai batu yang kita pilih, tampilan bentuk tubuh, gaya, suaranya cocok dan sesuai dengan kriteria yang kita inginkan maka layak kita beli dan kita pelihara sebagai hewan kesayangan.***

SALAM
(Andri Asmari)

19 comments:

  1. Om, kalo membedakan murai kalimantan dan murai batu medan, dari warna bulu dada dan kecrekan apa bisa menentukan ??
    seorang teman beli murai batu medan bahan hutan di pasar pramuka. tapi begitu sampai rumah dan dilihat ama sesama teman yg lebih lama main burung murai, di vonis kalo murai itu murai dari kalimantan. katanya itu dilihat dari bulu dada yang terlihat berwarna cenderung ke kuningan cerah, terus suara kecrekannya kecil dan rapat, kalo medan/lampung super kata dia warna bulu dada lebih ke coklat kelam, terus suara kecrekannya keras dan satu satu. apa betul kalo murai yg baru dibeli teman itu dng ciri spt diatas adalah murai asal kalimantan.
    Mohon pencerahannya, soal nya temen saya sekarang "stress" kalo melihat burung murai nya ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
      ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
      BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
      Kondisi bahan ;.
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
      - Bahan tua (galian lama).
      - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
      - Bahan keras dan padat.
      - Siap gosok poles.
      - Daging utuh, tanpa kapur.
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
      Daftar harga :
      1 0ns ; Rp 750.000rb
      5.ons Rp.2.500.000
      1.kg Rp 3.750.000
      5 kg Rp 10.000.000
      10 Kg Rp 17.500.000
      15,kg Rp.20,000,000,
      Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
      Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
      setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
      untuk yg mau pesan hub ;
      Hp.; 0812 4195 6724
      pin : 27BD397E
      adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
      desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
      barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
      dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
      INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

      Delete
  2. untuk penghobi lama yang sudah sering mengenal MB saya rasa bisa jadi patokan...namun untuk yang baru memlihara MB agak sulit membeakannya.... untuk warna dada kuning tidak selalu MB kalimantan dan warna coklat juga tidak selalu MB sumatra coba saja lihat gambar disamping kanan pada artikel saya di samping ... kedua MB tsb adalah kalimantan dan sumatra namun dadanya kuning semua..... ciri yang jelas mb kalimantan jika diadu/ditrek akan menggelembungkan bulu dada... namun jika MB tsb masih bahan hal tersebut sulit terlihat......

    ReplyDelete
  3. om,..numpang tanya apa mungkin perbedaan MB medan & kalimantan bisa dlihat dari bentuk kepala,karena kata temen yang uda lama maen MB kalau medan cenderung bentuk kpala lebih kontak,apa bener?kalau dliat warna bulu dada MB medan cenderung brwarna apa?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mutlak om......kita juga ada yang gondrong banyak juga yang botak..he.h.e.makanya saya lebih mengkelompokan pada Ngebalon dan tidak ngebalon itu saja supaya lebih mudah

      Delete
  4. om saya mau nanayak, "kata om saya kalok MB Medan itu pada bagian tengah ekornya berwarna setengah putih dan setengah hitam, serta pada badannya lebih kurus dari pada MB Lampung..?
    Apa yang dikatakan sama om saya itu bener/salah...?
    Tolong dijawab/di bales...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum ekor bisa di jadikan panduan..cuma pada prakteknya terkadang kita salah menafsirkan....untuk ekor saya rasa ada benarnya , hanya untuk badan saya tidak menjamin...sebab tidak semua MB berbadan gemuk dan tidak semua MB berbadan kurus....

      Delete
  5. om andri... saya usman dari jkt.
    saya mau tanya om,saya punya MB lampung, tetapi saat saya trek dia ngebalon seperti borneo, apakah ini MB borneo atau memang MB lampung, tapi mental masih jelek,
    mohon pencerahanNya om, karena saya sangat awam sekali tentang murai lampung,.. dan bagaimana cara setingan makannya om,
    terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. MB MB sumatra cendrung tidak ngebalon begitu juga dengan MB lampung... MB MB yang gaya tarungnya memekarkan atau ngebalon mayoritas MB MB dari wilayah kalimantan atau biasa di sebut borneo....

      Delete
    2. oww, begitu ya om,,, ketipu saya om...ya gpp lah itu rejeki anakNya saya si ikhlas..
      setelah satu minggu om, saya trek lagi, pertama dia main bagus gak mekarin bulu, trus agak lama, kambuh lagi om. dia memekarkan bulunya dan gak bunyi om, cuma nampang aja... trus klo agak lama dia malah matukin sangkar (over birahi)... cuma yg bikin saya senang, dia rajin bunyi dan isianNya lumayan, sepertinya tangan saya kurang bagus dengan burung satu ini,, hehehe
      saya dah coba settingan rendah om.
      maklum om, saya benar2 awam main burung,,.

      Delete
  6. salam kenal..om saya opan dari Toboali Bangka belitung..saya punya murai batu..katanya sich murai medan.saya mau nnya,ciri2 murai batu selesai mabung itu apa??trus apakah bulu dada dan kepala yg udah rontok langsung numbuh,apa nunggu bulu ekor nya rontok??kalo bulu ekor sama sayap duluan mana yg rontok??trus murai batu saya lg mabung,bulu ekor nya dah rontok semua..tp bulu2 halus banyak jg yg rontok??itu normal apa gak??trims bnyak om...mohon wejangan nya..

    ReplyDelete
  7. Sa'at ini susah membedakan jenis burung murai,karna banyak burung dikawin silang.Jadi ga usah masalahkan kita punya burung dari mana. Yang penting burung gacor dan punya mental bagus.Tinggal bagai mana kita cara merawatnya.Ok....

    ReplyDelete
  8. daya pikat burung murai batu luar biasa, siapa saja pasti akan kepincut dengan pesona murai batu.

    dan yang menjadi primadona adalah murai batu yang berekor panjang

    ReplyDelete
  9. SALAM KICAU MANIA

    Kami dari penangkaran kicau menawarkan burung MURAI BATU MEDAN
    dari Anakan sampai Dewasa dengan harga bersaing
    untuk info kunjungi web kami di http://kicaumas.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. penangkaranmurai12.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. slamat pagi, sy mau tanya apakah ada jenis murai medan dada kuning ( bulu dada tidak coklat gelap ).krn kata teman saya ini medan klasik. mentalnya bagus garang dan tdk ngembung klo ditrek, mohon pencerahannya om, salam kenal. tk

    ReplyDelete
  12. Salam kenal om saya dri medan,mau nnyak om.punya sya mb nya dri aceh katanya tp dadanya kuning om gk gelap,dan saya browsing katanya klu mb dada kuning lebih bagus,mentalnya kuat,dan cepat bunyi om.apakah benar stetmen itu om??
    Mohon pencerahannya om
    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Salam kenal om saya dri medan,mau nnyak om.punya sya mb nya dri aceh katanya tp dadanya kuning om gk gelap,dan saya browsing katanya klu mb dada kuning lebih bagus,mentalnya kuat,dan cepat bunyi om.apakah benar stetmen itu om??
    Mohon pencerahannya om
    Terimakasih

    ReplyDelete

Silahkan Sharing Pendapat Anda

Kolom Chatting Umum

Sports