Diberdayakan oleh Blogger.

.

CENDET “BOMBER” Ramuan Unik, Hasilpun Unik

PENTET /Cendet/Toet/ Bentet adalah salah satu jenis burung predator yang pandai menirukan suara yang didengarnya, dan tentu saja bakat ini tumbuh dan berkembang sejak burung tersebut masih piyik/muda, seiring berkembangnya usia pola kicauan yang di dengar tersebut perlahan mulai di suarakan/dilagukan dengan sempurna sesuai dengan yang ia pelajari sejak kecil hingga dewasa.
Untuk Cendet yang hidup dan besar di hutan/kebun, tentu saja suara suara hutan/kebun yang ada di sekitarnya dan suara induknyalah yang pertama kali di dengar dan selanjutnya di pelajari, nah bagai mana dengan cendet yang kita rawat sejak piyik/trotolan yang ada di rumah kita?
PEMASTERAN…. Kalimat tersebutlah yang selalu dekat dan akrab di telinga kita.
Disini saya tidak bercerita tentang PEMASTERAN….. namun saya mencoba sedikit mengulas keselarasan antara KICAUAN dengan JENIS MAKANAN.
Sedikit pengantar….!!!
Saya pernah berfikir apakah mungkin Cendet yang masih bayi yang baru belajar makan bisa langsung berkicau, bergaya fighter, layaknya Cendet dewasa? dan tentu saja TIDAK MANJA!!!
Saya jawab BISA (walaupun pada kenyataanya tetap saja kembali lagi pada karakter dari burung tersebut yang tentu saja tidak sama)
Logika saya terbersit berawal dari burung kenari yang selalu gacor bila kita tempatkan dimana saja, berbeda dengan jenis burung lainnya. Dari sanalah saya mencoba mencari jalur horizontal untuk berexperimen dengan mengkaitkan KICAUAN dengan JENIS MAKANAN yang kita berikan.
Diawali dengan burung cendet yang saya dapatkan sekitar usia 2 mingguan yang baru keluar ekor sedikit dan masih di loloh. Saya mencoba mencampurkan PAKAN TAMBAHAN KENARI (cedee)+ BISKUIT BAYI (PROMINA BERAS MERAH) + VOOR (fancy) + KROTO bersih (EF lainnya) yang saya tumbuk lembut untuk meloloh cendet tersebut sampai cendet bisa makan sendiri secara continue tanpa dirubah sedikitpun.
Untuk jelasnya berikut pola rawatan yang saya terapkan sampai cendet bisa makan sendiri:
Sebelum penjelasan pola makanan, untuk PEMASTERAN sedikit saya selipkan, sejak usia 2 minggu sampai usia 2 bulan setiap malam mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Cendet selalu saya master dengan perangkat elektronik (HP) dengan suara GEREJA TARUNG jeda LB jeda dan CILILIn jeda. Dengan interval waktu satu menit bunyi 2 menit diam.
Sehari harinya cendet trotol ini saya gantung berhimpitan dengan JALAK KEBO GACOR SEKALI dan KERAS, KENARI GACOR, dan MURAI BATU GACOR dengan jarak SANGAT RAPAT hanya sekitar satu jengkal tangan (+- 25 cm) semuanya tanpa di kerodong dengan tujuan agar cendet tersebut bersuara keras karena sekelilingnya HIRUK PIKUK SEKALI. Jika di visualisasikan penggantungan kurungnya kurang lebih (JALAK)-(CENDET ANAK)-(MURAI BATU)-(KENARI) semua dalam satu ruangan kecil.
LANJUT KE POLA MAKAN:
1. Haluskan pakan tambahan untuk kenari komplit biasanya di pasar burung di beri nama CEDEE + biskuit bayi promina beras merah + voor fancy + kroto (sesekali selingi UH, UB dan jangkrik) tumbuk sampai lembut dan di beri air secukupnya kemudian lolohkan pada cendet tersebut secara continue.
2. Setiap sabtu dan minggu loloh cendet dengan pisang ambon sampai siang jam 12.00 WIB(terpikir dari rawatan cucak jenggot) selanjutnya jam 13.00 WIB sampai sore lanjutkan kembali dengan ramuan diatas dan pisang di stop
3. Menginjak usia 1 bulan setiap malam beri UH kecil 3 ekor untuk cendet belajar mematuk makanan dan sesekali tetap di loloh namun interval meloloh mulai di kurangi.
4. Setelah cendet bisa mematuk makanan sendiri, ramuan pakan lolohan tersebut di stop, lanjutkan dengan voor fancy yang sebagian dihaluskan + yang kasar sedikit. Malamnya beri jangkrik kecil 3 ekor dan UH 2 ekor langsung di cepuk dan jangan di loloh lagi selamanya.
5. Rawatan diatas jangan di rubah rubah harus stabil baik porsi maupun jenis pakan yang di berikan.
BOMBER usia 2 bulan sudah bisa membawakan gereja tarung Love Bird secara jelas layaknya cendet dewasa untuk cililin masih terbata bata namun sudah mulai di suarakan.
Yang membuat saya sangat berbesar hati bahwa BOMBER meski di loloh sejak kecil namun saat bunyi sangat fight dan bergaya tarung layaknya cendet dewasa yang tentu saja TIDAK MANJA SAMA SEKALI.
BOMBER adalah jenis cendet anakan dari alam ambil dari sarang langsung sejak usia piyik berkepala hitam full sampai pundak (dilihat dari indukan jantannya), dada putih dengan warna orange tipis dan pudar di sampingnya dan kepala paling besar diantara cendet seumuran lainnya (jika di gabung dengan beberapa cendet seumuran) + pake 2 RING hitam yang kiri tulisan BOMBER dan kanan tulisan ANDRI ASMARI.
Namun apapun itu TROTOLAN TETAPLAH TROTOLAN yang terpenting KITA MAU BERUSAHA MENCARI dan MEMBERIKAN YANG TERBAIK agar burung yang kita pelihara BISA TAMPIL MAKSIMAL baik dirumah maupun di tempat latihan bersama.
Perkara untuk RUMAHAN ataupun LOMBA kita pikirkan lagi nantinya. Namun seberapa besar KEPUASAN, hanya kita sendiri yang tau.

HASIL YANG SAYA DAPATKAN SELAMA 1 BULAN:
Inilah Cendet yang saya beri nama BOMBER usia 2 bulan kurang masih trotol dan belum berganti bulu sama sekali :
berikut videonya
Semoga bermanfaat buat kita semua.***
video

SALAM
(Andri Asmari)
Share this article on :

10 komentar:

Ende Suherman mengatakan...

bagus sekali informasinya, mas mohon infonya saya punya murai batu muda hutan sudah bunyi ngriwik.bagaimana supaya suaranya keras. terima kasih

Imam Fauzy mengatakan...

mas bantu saya dong...pentet trotolan saya masih gelabrakan banget suka nabrak2 kndng & berdarah dikepalanya diujung pngkl mulutnya.gmn cr nenanginnya yah,pdhl dah sring dimandiin n dikrodong thanks yah mas

Anonim mengatakan...

pentet kalo masih nabrak2, dibuat lapar aja, dan jangan di kerodong dulu, dalam 2-3 hari pasti gak bakaln nabrak2 lagi

bayu aremania jember mengatakan...

sYa pnx.a Cendet msih Tr0tolan.
Brpa Kali Sehari Beri Mkannx.a Maz..???
daN brpa kali mandinya

ad holic mengatakan...

cedee tu apa ya mas mhon liatin gambarnya dong

Andri ASmari mengatakan...

cede itu .. makanan kenari import biasa untuk kenari yorkshire dll....isinya ada tepung roti, madu, dsb..... biasa di jual di tempat pakan burung

lukman hakim mengatakan...

mas maaf bagi info.. say pnya cendet gacor.. tpi letak pemasalahan nya adalah pawer suara kurang keras... untuk meningkatkan nya gamana cara nya. makasih

Riki Septiadi mengatakan...

Mas saya punya cendet power serta tarungnya pun sudah bagus...namun, kelemahannya masih gak tenang burungnya...salto kadang masih ngejar musuhnya saat di gandeng...
sudah saya kurangi EF dan mandinya sudah pagi malam bahkan saya embunkan masih tetap aja...gmna ya mas caranya

Fauzi Rahmad mengatakan...

SALAM SAHABAT KICAU MANIA
KAMI DARI [SANGKAR KICAU] PENANGKARAN BURUNG KICAU MENAWARKAN
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
• Harga Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 2.400.000
• Harga Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Nias umur 2 bulan -Rp. 1.000.000
• Harga Burung Murai Medan MH - Rp. 1.100 – Rp. 800.000
• Harga Burung Murai Lampung MH - Rp. 700 .000 – Rp. 500.000
• Harga Burung Murai Lampung umur 2 bulan - Rp. 1.000 .000
• Harga Burung Murai Borneo MH umur - Rp. 300.000 – Rp. 400.000
• Harga Burung Murai Borneo umur 2 bulan - Rp. 600.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 3 s/d 4 minggu - Rp. 850.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 5 s/d 6 minggu - Rp. 900.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 7 s/d 8 minggu - Rp. 1.100.000
• Harga Burung Medan Jantan umur 9 s/d 10 minggu - Rp. 1.400.000
• Harga Burung Medan Betina umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 500.000
• Harga Burung Medan Betina umur 6 s/d 9 minggu - Rp.750.000
• Harga Burung Medan Betina umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 800.000
• Harga Burung Medan Betina umur 13 s/d 16 minggu - Rp. 1.000.000
SEPASANG/SIAP PRODUKSI.

#Burung kicau yang kami perjual belikan 100% dalam kondisi sehat tanpa cacat fisik.
#Burung kicau yang kami perjual belikan hanya umur 6 bulan ke atas.kami tidak memperjual belikan yang anakan.
#Burung kicau yang layak jual tidak di perjual belikan perekor.setiap pembelian/pemesanan adalah sepasang/jantan&betina.
#Setiap pemesanan/pembelian akan di sertai surat izin peternakan dan bukti pembelian.
#setiap pemesanan/pembelian akan kami berikan gratis vitamin plex drops untuk menjaga kesehatan burung (pemakaian 1 bulan untuk 2 ekor burung) dan buku panduan cara perawatan burung kicau.
#Kami juga melayani pemesanan/pengiriman ke seluruh wilayah indonesia.
#pengiriman bisa di kirim melalui jalur penerbangan kargo bandara/herona express-pengiriman kereta api untuk daerah jawa,gratis ongkos pengiriman.100% kiriman aman/terjaga.
#konsumen yang ingin datang lansung,silahkan survei ke lokasi penengkaran sangkar kicau.melayani setiap hari senin - jumat,buka pukul 8 pagi - 4 sore.

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN:
0852-2856-7888
ALAMAT penangkar:JL.PASAR NO 24 BELAWAN DESA BELAWAN 2 KEC.MEDAN BELAWAN KOTA MEDAN SUMATRA UTARA
kami juga melayani pengiriman luar kota/provinsi memakai jasa pengiriman Angkasa pura/Herona

erna findy mengatakan...

mas fauzi rahmad , itu kok di kasih harga perekor ya ? padahal di kasih keterangan hanya melayani penjualan sepasang burung mas ? mohon dijelaskan mas...

Poskan Komentar

Silahkan Sharing Pendapat Anda